Facebook Twitter In
Flag

NEWS

LETTER FROM OUR CEO

Jakarta, 14 Agustus 2020

 

Para Pemangku Kepentingan yang terhormat,

Indonesia dan seluruh dunia saat ini sedang mengalami kondisi yang sulit dan penuh tantangan terkait dengan penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19). Situasi ini memberikan dampak yang cukup signifikan ke seluruh bagian masyarakat dan disadari atau tidak, virus itu ada di sekitar kita. Oleh karena itu, perlu disampaikan bahwa keselamatan dan kesehatan seluruh karyawan adalah prioritas utama PT Mandom Indonesia Tbk.

Namun demikian, dengan berat hati perlu disampaikan bahwa berdasarkan konfirmasi pemeriksaan PCR Swab Test, per tanggal 14 Agustus 2020 sebanyak 9 karyawan dinyatakan positif terkena Covid-19 dan sedang dalam penanganan dinas terkait. Saat ini kondisi karyawan dalam keadaan stabil dan terus berada dalam pantuan petugas terkait.

Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 serta demi keselamatan seluruh karyawan terkait, telah diputuskan untuk melakukan penghentian sementara kegiatan produksi di Factory 1 yang berlokasi di Jl. Irian Blok PP, Kawasan Industri MM 2100. Penghentian ini diterapkan mulai tanggal 14 Agustus 2020 sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian. Terkait mengenai hal ini, Perusahaan telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi dan pihak pengelola Kawasan Industri MM 2100.

Selama periode penghentian ini, Perusahaan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan langkah-langkah sesuai protokol. Penyemprotan disinfektan yang selama ini telah dilakukan secara regular, kembali dilakukan dengan lebih intensif. Proses penelurusan kontak telah dilakukan dan tes Covid-19 baik dalam hal Rapid Test maupun PCR Swab Test dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan karyawan yang lain. Usaha dan kerja sama dengan pihak-pihak terkait dilakukan semaksimal mungkin untuk melakukan penanganan yang cepat dan tepat terhadap perkembangan kondisi ini.

Sementara itu, dalam hal jaminan keamanan produk, PT Mandom Indonesia Tbk telah menerapkan sistem karantina produk jadi sebelum produk didistribusikan. Dengan demikian, produk-produk Perusahaan dapat digunakan dengan aman oleh konsumen.

Selama masa tanggap pandemi Covid-19, Perusahaan telah melakukan beberapa upaya pencegahan sesuai dengan himbauan pemerintah. Upaya ini termasuk membentuk Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 internal yang bertugas melakukan pemantauan, edukasi, pencegahan & penanganan, penegakan kepatuhan dan penyediaan sarana & prasarana untuk mendukung upaya-upaya pencegahan yang dilakukan. Sistem kerja Work From Home (WFH) dan/atau Switch Working Location (SWL) juga telah diberlakukan untuk mendukung penerapan physical distancing di area kerja. Kegiatan produksi berjalan dengan menerapkan langkah-langkah antisipatif dan perlindungan yang maksimal untuk seluruh karyawan, begitu juga dengan tim di lapangan dan kantor perwakilan marketing.

Perusahaan juga telah menyampaikan kebijakan terkait tanggap Covid-19 kepada seluruh karyawan termasuk pengecekan suhu badan secara intensif, membiasakan untuk selalu menjaga jarak, pembatasan perjalanan dinas dan menghimbau pelaksanaan meeting secara video conference, penyediaan hand sanitizer-masker-vitamin C untuk karyawan, dan himbauan untuk meningkatkan kebersihan diri. Segala upaya ini dilakukan sebagai salah satu bentuk tindakan preventif yang jika dilakukan bersama diharapkan bisa memperkecil resiko penyebaran Covid-19 di lingkungan Perusahaan untuk melindungi karyawan dan keluarganya.

Kami segenap Manajemen dan Karyawan, mendoakan kesembuhan rekan kami khususnya dan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang saat ini sedang berjuang bersama-sama. Tetap tingkatkan kewaspadaan, jaga kebersihan dan kesehatan diri. Selalu ingat bahwa dengan melakukan perlindungan diri berarti kita juga melindungi orang-orang di sekitar kita.

 

Terima Kasih.

 

Hormat kami,

Masahiro Ueda
Presiden Direktur/CEO